7 Fakta Tentang Hujan yang Harus Kamu Ketahui!


Indonesia termasuk daerah yang memiliki curah hujan yang cukup banyak, bahkan salah satu kota di Indonesia mendapat julukan sebagai Kota Hujan. Namun tahukah kamu ada beberapa fakta menarik dari hujan? Inilah 7 Fakta Tentang Hujan yang cukup unik dan menarik untuk diketahui.
1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam. Dan air yang jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan  turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.

2. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian itu sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Pantas saja kan kalau kita kejatuhan air hujan rasanya sakit, apalagi kalau sedang mengendarai sepeda motor.

3. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

4. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi. Coba banyangkan jika air sebanyak itu turun di satu tempat secara bersamaan. Apa yang terjadi pada tempat tersebut.

5. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505×1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.

6. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yang indah, tidak seperti air biasa yang dibekukan di freezer/pendingin.

7. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yang khas, senyawa ini dinamakan ‘petrichor.

8. Dan fakta terakhir sekaligus bonus dari saya yaitu fakta yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan itu memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.

16 komentar:

  1. wahh baru tahu gan hujan ada fakta faktanya :3

    BalasHapus
  2. Ternyata hujan banyak manfaatnya. nice post!!!

    BalasHapus
  3. Wow dahsyat banget ternyata, betapa besar nikmat ciptaan Tuhan...

    BalasHapus
  4. Baru tau ada beginian thanks infonya gan !

    BalasHapus
  5. thanks gan bermanfaat :D

    BalasHapus
  6. wow faktanya unik" yaa... thanks infonya broo

    BalasHapus
  7. wiih ilmu baru nih gan, thanks

    BalasHapus
  8. baru tau ane gan thanks infonya

    BalasHapus
  9. gak nyangka ADA FAkta hujan yg sprti ini :D THX FOR SHare bro

    BalasHapus
  10. wah nambah wawasan nih, thanks infonya

    BalasHapus
  11. Kurang gan, fakta k-8 "hujan membuat perut terasa lapar"...hahaha

    BalasHapus
  12. wahh... dapet ilmu baru nih... makasih gan... hwhehee

    BalasHapus
  13. Wah keren masbro, kalo ane fakta yg kemungkinan kalo hari hujan bawaannya mau tidur hehe,,

    BalasHapus
  14. hujan mengingatkan kita pada mantan :V

    BalasHapus