6 Komoditas Ekspor Perkebunan Indonesia

Berbicara tentang kekayaan alam Indonesia mungkin tidak akan pernah selesai. Tempatnya yang sangat strategis, serta memiliki banyak gunung berapi. Hal itu menyebabkan tanah di Indonesia sangat subur sehingga banyak tanaman bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Pemerintah banyak memanfaatkan hal tersebut untuk membuka lahan perkebunan. Dari sekian banyaknya tanaman yang ada di perkebunan, berikut saya jabarkan 6 Komoditas Andalan Perkebunan Indonesia.

1.  Kelapa Sawit
Kelapa Sawit (Elais guinensiss) adalah komoditas utama yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Saat ini Indonesia merupakan produsen minyak sawit terbesar di dunia dengan produksi mencapai lebih dari 33 juta ton/tahun. Minyak sawit merupakan minyak nabati yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di dunia. Perkembangan perkebunan kelapa sawit masih sangat menjanjikan dengan banyaknya produk turunan minyak sawit, dari oleochemical, minyak goreng, hingga bahan bakar.
2.  Tebu
Tebu (Saccharum sp.) merupakan tanaman semusim yang menjadi bahan utama untuk proses produksi gula. Gula merupakan komoditas yang menjadi salah satu dari sembilan bahan produk konsumsi masyarakat Indonesia. Produksi Gula Indonesia mencapai 2.7 juta ton, yang masih belum dapat memenuhi konsumsi dalam negeri dan menjadi tantangan dengan pengembangan pabrik-pabrik gula baru terintegrasi.
3.  Karet
Karet Alam merupakan hasil pengolahan getah (Jatex) yang dihasilkan oleh tanaman karet (Hevea brasiliensis). Karet digunakan sebagai bahan elastis pada berbagai produk mulai dari rumah tangga, industri, dan otomotif. Indonesia merupakan produsen karet alam terbesar kedua di dunia, dengan produksi mencapai lebih dari 3 juta ton/tahun. Karet alam masih merupakan komoditas yag belum tergantikan oleh bahan lain sehingga kebutuhan dunia akan semakin meningkat seiring dengan industrialisasi.
4.  Kopi
Kopi (Coffea sp.) adalah jenis minuman yang penting bagi sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Indonesia juga terkenal karena memiliki sejumlah kopi dengan cita rasa khusus dan melegenda seperti kopi Luwak, kopi Toraja, kopi Aceh, kopi Mandailing, dll. Kopi Luwak bahkan dinobatkan sebagai kopi paling mahal di dunia.
5.  Teh
Teh (Camellia sinensis) adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Teh diyakini memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Indonesia saat ini adalah produsen teh terbesar ketujuh di dunia. Hampir setengah dari produksi teh Indonesia diekspor keluar negeri. Pasar ekspor utamanya adalah Rusia, Inggris, dan Pakistan. Konsumsi teh global diproyeksikan akan meningkat hampir 3% setiap tahunnya selama satu dekade mendatang, dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat dan kepedulian akan kesehatan.
6.  Kakao
Kakao (Theobroma cacao L.) adalah tanaman tahunan yang hidup di area tropis dan sub tropis. Biji kakao merupakan bahan utama pembuatan bubuk cokelat yang kemudian diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Indonesia merupakan produsen biji kakao kering terbesar ketiga di dunia dan memegang peranan penting dalam perdagangan kakao. Perkembangan industri kakao di Indonesia diperkirakan akan semakin besar, ditandai banyaknya investor yang membangun pabrik pengolahan kakao dengan nilai investasi mencapi lebih dari USD 200 juta. 

Nah, itu adalah 6 Komoditas Andalan Perkebunan Indonesia, sebenarnya masih banyak lainnya. Tapi saya berusaha untuk menampilkan 6 saja, karena sangat banyak dan mungkin tidak cukup untuk dimuat. Jadi, saya rasa 6 itu sudah lebih dari cukup untuk menambah wawasan kalian, dan cukup untuk mengobati rasa penasaran kalian tentang komoditas andalan perkebunan Indonesia. Sekian, terima kasih.

16 komentar:

  1. Postingan yang bagus kawan.. I love Indonesia :)

    BalasHapus
  2. Wadoh Bagus Gan Makasih Infonya

    BalasHapus
  3. SDM & SDA harus dibarengi oleh inovasi Teknologi,semoga pemerintah bisa sangat kooperatif dan inovatif dalam meningkatkan Teknologi komoditas ekspor untuk hasil yang lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip gan, kita tunggu aja apa upaya pemerintah. Buat mengatasinya

      Hapus
  4. Artikelnya bagus gan, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

    Tukeran link yuk, biar pengunjungnya tambah.

    cek dimari ya https://www.denahrumahminimalis.id/

    BalasHapus
  5. indonesia memamng hebat.

    komen back ya gan, https://www.vilog.xyz/sekamin-di-depan-6-fitur-canggih-disematkan-ke-dalam-aplikasi-my-blue-bird-untuk-memanjakan-konsumennya.html

    BalasHapus
  6. Artikelnya bagus thanks min

    BalasHapus
  7. Jadi yang terbanyak itu ekspor kelapa sawit yaa....
    Denger2 juga ngalahin ekspor kelapa sawitnya malaysia.. :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di artikel juga sudah dijelaskan kalau kelapa sawit menjadi ekspor terbesar di dunia

      Hapus
  8. Sebenernya komoditas perkebunan di Indonesia tidak hanya itu yg berpotensi menjadikan Indonesia Produsen terbesar, namun memang SDM yg kurang menjadi penghambat paling besar dalam hal pengembangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SDM indonesia banyak gan, tapi untuk yang sudah berpendidikan tinggi itu yabg masih sedikit

      Hapus
  9. Untuk SDA di indonesia emang berlimpah, hanya saja SDM-nya aja yang kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan, banyak yang masih rendah pendidikannya

      Hapus
  10. sekarang kelapa sawit memang menjadi bisnis perkebunan yang menggiurkan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, buktinya juga banyak orang yang merantau ke sumatra hanya untuk mengembangkan bisnis kelapa sawit

      Hapus