Teks Negoisasi: Membeli Hp


MEMBELI HANDPHONE

      A.      Dialog

Penjual      : “Selamat datang di toko kami, silahkan duduk.”
Pembeli     : “Iya, terima kasih”
Penjual      : “Ada yang bisa saya bantu?”
Pembeli     : “Saya ingin beli Handphone.”
Penjual      : “Ingin Handphone merk apa mas?”
Pembeli     : “Yang bagus itu merk apa mbak ?”
Penjual      : “Begini mas, kalau masalah bagus tidaknya itu relatif mas. Semua merk ada kelebihan dan juga ada kekurangannya. Tetapi sekarang yang paling laris itu somsang mas.”
Pembeli     : “Saya boleh lihat yang somsang?”
Penjual      : “Iya, sebentar saya ambilkan dahulu.”
Pembeli     : “Iya.”
Penjual      : “Ini mas, silahkan di coba dahulu.”
Pembeli     : “Fasilitasnya apa saja mbak?”
Pembeli     : “Ada wifi, bluetooth, memory 2 GB, layar 4 inch dan masih banyak lagi.”
Pembeli     : “Warnanya ini hanya hitam saja mbak?”
Penjual      : “Kalau ini ada warna coklat, putih, sama hitam ini mas.”
Pembeli     : “Kalau sekarang adanya warna apa saja mbak?”
Penjual      : “Kita punya warna putih sama hitam.”
Pembeli     : “Saya lihat yang putih dulu mbak.”
Penjual      : “Iya, saya ambilkan dulu.”
Pembeli     : “Iya.”
Penjual      : “Ini mas, silahkan.”
Pembeli     : “Saya pilih putih saja mbak. Harganya berapa mbak?”
Penjual      : “Kalau yang ini harganya Rp 2.000.000,00.”
Pembeli     : “Tidak ada diskon mbak?”
Penjual      : “Kebetulan kita lagi ada promo untuk merk somsang, ada spesial diskon 5%, jadi harganya tinggal Rp 1.900.000,00.”
Pembeli     : “Tidak bisa turun lagi mbak?”
Penjual      : “Tidak bisa mas. Ini bisa di kredit  mas, angsuran 3 X dalam  2 bulan.”
Pembeli     : “Rp 1.500.000,00 gimana mbak? Cash.”
Penjual      : "Di tambahin lagi mas!"
Pembeli     : "Saya tambahin Rp 50.000,00 gimana?"
Penjual      : "Tetap tidak bisa mas, begini saja saya kasih  Rp 1.700.000,00, itu sudah turun banyak lho mas."
Pembeli     : "Gak bisa ditambahin lagi mbak diskonnya?"
Penjual      : "Gak bisa mas, nanti kalau ditambahin terus bos saya marah mas, ini bukan punya saya kalau punya saya, saya kasih mas segitu."
Pembeli     : “Ya sudah saya setuju Rp 1.700.000,00.”
Penjual      : “Saya buatkan notanya dulu mas.”
Pembeli     : “Iya.”
Penjual      : “Ini notanya mas,silahkan tanda tangan disini. Ini juga ada garansinya 1 tahun, jadi kalau ada masalah dengan Handphonenya bawa saja kesini.”
Pembeli     : “Oh iya, ini uangnya.”
Penjual      : "Terima kasih. Ini mau diantarkan kerumah atau dibawa langsung?"
Pembeli     : "Saya bawa langsung saja mbak."
Penjual      : "Oh iya."


     B.     Monolog

Pada suatu hari, ada seseorang yang ingin membeli handphone. Dia mengunjungi salah 1 toko handphone di dekat rumahnya. Dia bertanya tanya kepada salah 1 pegawai toko tersebut. Dia menanyakan handphone apa yang bagus. Namun si penjual bingung dan menawarkan salah 1 merk handphone. Si pembeli tersebut tertarik dan menanyakan fasilitas dan spesifikasi handphone tersebut. Kebetulan saat itu sedang ada diskon untuk handphone tersebut.

        Tawar menawarpun terjadi diantara 2 orang tersebut. Si penjual mengatakan harga handphone tersebut Rp. 2.000.000,- namun karena diskon harganya menjadi Rp. 1.900.000,- Akan tetapi si pembeli masih keberatan dengan harga segitu. Dia minta agar harganya diturunkan. Tawar menawarpun terus terjadi hingga akhirnya terjadi kesepakatan untuk harga handphone tersebut Rp. 1.700.000,-.

0 komentar

Posting Komentar